Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2024

Esei Kecil

Usulan Novelty 13_Kuali

  Penelitian Sebelumnya  Model Kualitatif  Model Kuantitatif  Subjek Pemahaman Konsep Kinematika Mahasiswa Calon Guru Fisika: Ditinjau dari Level Pemahaman dan Teori Resource Ya Ya 100 mahasiswa Pendidikan Fisika tahun pertama.Penelitian di lakukan pada tahun ajaran 2019/2020. HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK MAN BARAKA Tidak Ya Seluruh kelas X MIA MAN Baraka dengan total 121 orang peserta didik. ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN Ya Tidak siswa kelas X jurusan MIPA. Pengembangan media pembelajaran fisika pada materi optik geometri berbasis augmented reality dengan unity dan vuforia     Ya Ya  h seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan IPA FMIPA UM Angkatan tahun 2018.  EFEKTIFITAS PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA Tidak Ya p siswa kelas XI MA Al-Istiqomah NW Bedus Ke...

Esei Kecil 13_Kuali

Dalam penelitian kualitatif, keterbatasan sering kali muncul karena sifat subjektif data, sumber daya yang terbatas, atau kompleksitas dalam analisis. Berikut adalah beberapa strategi untuk mengurangi dampak keterbatasan tersebut: 1. Memperjelas Fokus Penelitian Spesifikasi Masalah: Batasi cakupan penelitian dengan menetapkan pertanyaan penelitian yang jelas dan terfokus. Tujuan yang Realistis: Sesuaikan tujuan penelitian dengan waktu, sumber daya, dan kemampuan yang tersedia. 2. Meningkatkan Validitas dan Reliabilitas Triangulasi Data: Gunakan berbagai sumber data (wawancara, observasi, dokumen) untuk membandingkan dan memperkuat temuan. Peer Debriefing: Libatkan rekan sejawat untuk meninjau proses dan hasil penelitian. Member Checking: Validasi temuan dengan peserta penelitian untuk memastikan interpretasi sesuai dengan pengalaman mereka. 3. Pengelolaan Bias Refleksi Diri: Lakukan refleksi kritis terhadap posisi, pandangan, dan pengaruh peneliti terhadap proses penelitian. Pencatatan...

Novelty Artikel 13_Kuali

LINK ARTIKEL   Judul Artikel: Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta Analisis Novelty Tidak ada Novelty dalam artikel ini Analisis Kritis Kekuatan Artikel : Fokus yang Relevan : Masalah yang diangkat, yaitu motivasi belajar siswa, merupakan isu kritis dalam pendidikan, terutama pada mata pelajaran seperti fisika. Metode Sistematis : Menggunakan model penelitian tindakan Kemmis-Taggart yang komprehensif, artikel ini menunjukkan desain intervensi yang terstruktur (perencanaan, tindakan, observasi, refleksi). Data Kuantitatif yang Mendukung : Penelitian menghasilkan peningkatan motivasi belajar dari 49% (pra-siklus) menjadi 70% (siklus II), memberikan bukti empiris yang kuat. Kelemahan Artikel : Keterbatasan Metode Evaluasi : Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur motivasi belajar. Metode ini dapat bias karena hanya mencerminkan persepsi siswa terhadap motivasi, tanpa meng...