Novelty Kuali 6
Judul Artikel : PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI DI INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (STUDI ETNOGRAFI TERHADAP GURU FISIKA)
Kebaruan (Novelty)
kebaruan utama artikel ini terletak pada fokus interdisipliner (integrasi sains dan nilai Islami), penggunaan perspektif guru Fisika sebagai ujung tombak pendidikan karakter, dan analisis atas praktik di sekolah dengan tiga kurikulum yang terintegrasi
Analisis Kritis
Kelemahan dalam Perencanaan Pembelajaran:
Guru menggunakan rancangan pembelajaran berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber referensi seperti buku Erlangga dan Cambridge. Namun, referensi tersebut tidak memasukkan aspek Islami secara eksplisit. Ini menyoroti keterbatasan literasi kurikulum dalam mengintegrasikan pendidikan agama dalam mata pelajaran sains.
Pendekatan Etnografi yang Terbatas:
Meskipun pendekatan etnografi memberikan wawasan yang mendalam, penelitian hanya berfokus pada satu guru Fisika di satu sekolah. Generalitas hasil penelitian menjadi terbatas, dan hasilnya mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan kondisi sekolah-sekolah Islam lainnya.
Kurangnya Inovasi Metodologi dalam Pembelajaran:
Penelitian menemukan bahwa metode pengajaran tidak dirancang untuk secara efektif menanamkan nilai Islami. Guru hanya menyisipkan motivasi di sela-sela pembelajaran, yang menunjukkan bahwa perlu ada inovasi dalam metodologi, seperti pembelajaran berbasis proyek Islami atau integrasi eksplisit ayat Al-Qur'an dalam materi Fisika.
Komentar
Posting Komentar